Peran Strategis Pendidikan Agama Islam pada sekolah

Peran Strategis Pendidikan Agama Islam pada sekolah
Peran Strategis Pendidikan Agama Islam pada sekolah - Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum sekolah sangat penting bagi kesempurnaan pendidikan anak supaya menjadi muslim dalam seluruh aspek kehidupan baik yang berkenaan dengan psikis, sosial, spiritual, tingkah laku, maupun intelektual. Selain itu juga dapat merealisasikan ibadah kepada Allah yang Maha Kuasa dengan segala tuntunan dan makna yang terkandung di dalamnya serta dengan segala dampaknya. Seperti dampak bagi kehidupan, akal dan pikiran dan lain-lain.

Peran strategis Pendidikan Agama Islam pada sekolah, yaitu :

1. Pendidikan Agama Islam pada sekolah berperan penting dalam menciptakan generasi beriman dan bertaqwa, serta ketaatan dalam menjalankan ajaran agamanya dan sekaligus berperan dalam pembentukan akhlak mulia yang dilandaskan pada nilai-nilai agama.

2. Pendidikan Agama Islam pada sekolah merupakan elemen utama terwujudnya upaya nation building. Dengan memasukkan pendidikan agama ke sekolah umum, diharapkan akan terdapat korelasi positif antara tujuan pendidikan nasional dengan pembentukan identitas bangsa.

3. Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum berperan penting dalam membina kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

4. Pendidikan Agama Islam pada sekolah juga berperan penting dalam pengembangan karakter.

5. Pendidikan Agama Islam pada sekolah juga berperan dalam mengintegrasikan ilmu umum dengan ilmu agama.

Seperti yang tercantum dalam UU Sisdiknas RI No. 20 Tahun 2003, pasal 3, bahwa : Tujuan Pendidikan Nasional yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, sikap kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Dengan demikian maka tersirat di dalam tujuan pendidikan nasional tersebut mengandung makna tentang Pendidikan Agama Islam, hal-hal terlihat antara lain pada kata-kata “Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa” dan berakhlak mulia yang semuanya mencerminkan pentingnya Pendidikan Agama Islam.
Peran Strategis Pendidikan Agama Islam pada sekolah Peran Strategis Pendidikan Agama Islam pada sekolah Reviewed by Putra on 1:49:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.