6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013

6 Gadget yang "Gagal Bersinar" di Tahun 2013 - Memang tidak ada jaminan sebuah produk baru akan sukses, sekalipun diluncurkan oleh vendor terkenal dan ditunjang promosi besar. Beberapa faktor pun dituding menjadi alasan kegagalan. Banyak gadget baru telah diluncurkan di tahun 2013 ini. Beberapa di antaranya bisa dikategorikan sebagai produk gagal meski pada awalnya di yakini menuai kesuksesan.

 Berikut ini 6 Gadget yang dinilai "Gagal" bersinar di Tahun 2013 :

1. HTC First
6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013
HTC First
Awal tahun ini, HTC mencoba peruntungan dengan kolaborasi bersama Facebook. Vendor asal Taiwan ini merilis HTC First, smartphone pertama dengan user interface Facebook Home. Facebook Home adalah layanan semacam launcher di perangkat Android yang berwujud antarmuka unik yang terintegrasi mendalam dengan Facebook.  Di awal kehadirannya, Facebook Home sempat disambut hangat. Tapi tak lama, volume pengguna yang mendownload aplikasi ini menurun drastis.

Indikasi kekecewaan juga terlihat dari rating rendah yang diberikan pengguna. Para pengguna mengeluhkan Facebook Home menyedot daya tahan baterai. Tak hanya itu, Facebook Home juga menyulitkan pengguna saat akan memakai aplikasi dan layanan Android lainnya. Buruknya performa Facebook Home berimbas pada HTC First. Handset ini jeblok penjualannya di pasaran dan akhirnya dihentikan pemasarannya pada pertengahan tahun 2013 ini.

2. BlackBerry Z10
6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013
BlackBerry Z10
BlackBerry Z10 menanggung harapan begitu besar ketika diperkenalkan pada awal tahun ini. Handset berbasis sistem operasi BlackBerry 10 tersebut digadang-gadang membangkitkan Blackberry. Nyatanya, meski disambut review cukup bagus di banyak media, BlackBerry Z10 terdengar gaungnya hanya di awal saja. Penjualannya terus anjlok.

Indikasinya, harga BlackBerry Z10 terus merosot secara kontinyu. Mengindikasikan Z10 tidak mampu berbicara banyak di pasar yang didominasi Android serta iPhone. Puncaknya, pangsa pasar BlackBerry di industri smartphone dunia tinggal 1% dalam laporan biro riset IDC. Menandakan Z10 gagal membangkitkan BlackBerry.

3. Motorola Moto X
6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013
Motorola Moto X
Motorola Moto X menjadi handset pertama hasil kolaborasi Google dengan Motorola. Seperti diketahui, Motorola Mobility telah diakuisisi Google. Tak heran jika Moto X menanggung ekspektasi tinggi. Namun harapan akan laju Moto X yang bakal bisa menyaingi iPhone ataupun lini Samsung Galaxy, sepertinya tinggal harapan. Pasalnya, sebuah laporan dari perusahaan analisa menyebutkan bahwa penjualan ponsel tersebut tidak bisa dibanggakan.

Meluncur pada Agustus lalu, Moto X hanya terjual sebanyak 500.000 unit pada kuartal ketiga, demikian hasil laporan dari Strategi Analytics. Sebagai perbandingan, Samsung menjual lebih dari 10 juta Galaxy S4 dalam waktu sebulan dari perilisannya di bulan April. Baru ketika diobral pada even belanja Black Friday baru baru ini, Moto X cukup laris. Moto X pun gagal menjadi smartphone yang diperhitungkan di 2013.

4. iPhone 5C
6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013
 iPhone 5C
Bersamaan dengan peluncuran iPhone 5S, Apple juga merilis iPhone 5C dengan harga lebih murah. Meski lebih murah, iPhone 5C tidak selaku kakaknya. Bahkan menurut laporan media teknologi yang berbasis di China, C Technology, Apple telah memangkas produksi iPhone 5C sampai 50%. Dari yang awalnya 300 ribu unit per hari menjadi 150 ribu unit saja.

Laporan lain juga menyebutkan, harga iPhone 5C versi black market di China terus turun. Yang mengindikasikan bahwa minat pada handset ini tidak begitu heboh. iPhone 5C punya spesifikasi mirip dengan iPhone 5. Bedanya dengan iPhone 5S terletak antara lain pada absennya prosesor 64 bit dan pemindai sidik jari. Materialnya juga terbuat dari plastik.

5. Tablet Windows RT
6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013
Tablet Windows RT
Sejak awal peluncurannya, sistem operasi Windows RT menuai kritik. OS untuk tablet berbasis prosesor ARM ini dianggap kurang matang, apalagi dibandingkan Windows Pro. Windows RT juga dinilai miskin aplikasi. Ujung ujungnya, penjualan tabet Windows RT jauh dari kata menggembirakan.

Pertengahan tahun 2013, lantaran permintaan yang tak begitu menggairahkan, Microsoft memutuskan untuk memangkas harga Surface. Diskon diberlakukan sebesar 30% untuk tablet Surface versi Windows RT. Akibat dari pemotongan harga drastis tersebut dan kurang lakunya tablet SUrface, Microsoft merugi sekitar USD 900 juta.


6. Nintendo Wii U
6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013
Nintendo Wii U
Konsol game Wii U menjadi andalan Nintendo saat ini. Namun, penjualannya kurang menggembirakan meskipun menawarkan sistem permainan yang unik. Akibat penjualan yang kurang bagus, Nintendo harus merevisi target unit terjual yang sebelumnya ditaksir 5,5 juta unit menjadi 4 juta unit hingga akhir tahun fiskal ini.

Wii U juga terkesan kurang dipedulikan pengembang game, salah satunya Electronics Arts. Publisher game yang berpusat di AS tersebut mengatakan salah satu engine game andalannya, Frostbite 3, tak mampu berjalan optimal pada Wii U.

Kabarnya EA telah melakukan sejumlah pengujian agar Frosbite 3 dapat dijalankan pada Wii U. Namun hasil yang di luar ekspektasi akhirnya harus memaksa EA untuk mengurungkan niatnya menghadirkan game berbasis Frosbite 3 pada Wii U.
6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013 6 Gadget yang "Gagal" di Tahun 2013 Reviewed by Putra on 7:30:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.