Kitab-Kitab Hadits Induk

Kitab-Kitab Hadits Induk
Kitab-Kitab Hadits Induk - Berkat keuletan para ulama hadits yang telah bersusah-payah mengadakan perjalanan melacak hadits ke berbagai daerah, akhirnya mereka telah berhasil menyusun berbagai kitab hadits. Demikian pula berkat kesungguhan mereka dalam melakukan kegiatan penyaringan hadits, mereka telah berhasil membukukan hadits-hadits yang shahih, atau kitab-kitab yang isinya lebih banyak memuat hadits shahih. Kitab-kitab ini pada perkembangan selanjutnya dikenal al-kutub al-sittah (kitab induk enam) atau al-kitab al-tis’ah (kitab induk sembilan). Al-Kutub al-Sittah terdiri atas kitab-kitab shahih dan kitab-kitab sunan sebagai berikut :

1. Al-Jami’ al-Shahih karya Imam al-Bukhari


2. Al-Jami’ al-Shahih karya Imam Muslim

3. Sunan Abu Dawud karya Imam Abu Dawud


4. Sunan al-Turmudzi karya Imam al-Turmudzi


5. Sunan al-Nasa’i karya Imam al-Nasa’I


6. Sunan Ibnu Majah karya Imam Ibnu Majah


Sedangkan al-Kutub al-Tis’ah adalah terdiri atas kitab-kitab induk yang enam di atas, ditambah dengan kitab-kitan hadits berikut:


7. al-Muwattha’ karya Imam Malik bin Anas


8. Sunan al-Darimi karya Imam al-Darimi


9. Musnad Ahmad karya Imam Ahmad bin Hambal




Suatu catatan yang perlu diketahui bahwa walaupun kitab-kitab hadits di atas disebut sebagai kitab induk (hadits), tetapi tidak semua hadits Nabi yang dikandung di dalamnya, berstatus shahih secara keseluruhan. Masih ada beberapa hadits yang kualitasnya hasan atau bahkan lemah dalam sanad tertentu. 


Oleh karena itu tetap diperlukan sikap kritis di dalam mempergunakannya. Tindakan selektif dengan memperhatikan pendapat para ulama yang tetah melakukan pengkajian dan penelitian hadits patut diperhatikan. Namun demikian, perlu diketahui pula bahwa jika terdapat suatu hadits yang lemah dari sisi sanad tertentu, masih ada kemungkinan shahih pada sanadnya yang lain. Untuk itu melakukan konfirmasi dan membandingkan suatu matan hadits melalui berbagai sanad yang berbeda sangat bermakna, guna menghindari sikap gegabah dalam melemahkan suatu hadits.

Sumber:
Masjfuk Zuhdi. 1993. Pengantar Ilmu Hadis, Surabaya: Bina Ilmu
Kitab-Kitab Hadits Induk Kitab-Kitab Hadits Induk Reviewed by Putra on 1:32:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.