7 Cara Menderek dengan Aman

7 Cara Menderek dengan Aman
Menderek kendaraan adalah hal yang tidak dapat dihindarkan, terutama bagi Anda yang berbisnis derek kendaraan. Namun, ternyata menderek kendaraan tidak semudah yang dibayangkan, terutama apabila Anda menderek yang non-kendaraan, seperti mesin genset atau bak terbuka tambahan untuk mengangkut barang. Semakin berat beban yang dibawa, semakin sulit dikendalikan pula kendaraan derek tersebut. Selain itu, keberadaan Anda di jalanan juga turut membahayakan pengemudi lain.

Berikut ini kami berikan 7 Cara Menderek dengan Aman dari berbagai sumber mengenai keamanan ketika akan menderek kendaraan atau barang:


1. Perbanyak latihan
Jika Anda memang bergelut dalam bisnis derek mobil, ada baiknya untuk sering-sering berlatih mengemudi ketika sedang menarik kendaraan atau barang lainnya. Berlatihlah di jalan yang sepi atau di lapangan. Pelajari bagaimana cara-cara ketika berakselerasi maupun ketika mengerem sambil menarik kendaraan lain. Jika sudah mahir, barulah Anda dapat praktik langsung ke jalanan yang padat.


2. Beban yang diderek
Sebelum Anda mulai untuk menarik kendaraan, sebaiknya ketahui dulu berapa beban keseluruhan kendaraan yang ditarik. Jika beban yang ditarik terlalu berat akan menimbulkan beberapa masalah. Jangan sampai kendaraan yang ditarik melebihi kekuatan dari mobil derek itu sendiri.


3. Distribusi beban
Jika Anda menarik sebuah bak terbuka yang berisi barang-barang, misalnya untuk pindahan rumah, disribusikan barang-barang yang akan dibawa secara merata. Anda tentu tidak mau barang-barang tersebut rusak karena bergeser ketika di perjalanan.

Masukkan barang yang berat terlebih dahulu, kemudian ikat dengan tali tambang agar tidak bergerak selama di perjalanan. Lalu, baru masukkan barang yang ringan-ringan, dan letakkan di antara ruang-ruang yang ada. Distribusikan berat barang agar merata, dan sekitar 60 persen berat barang bawaan harus ada di bagian depan.


4. Lampu kendaraan
Salah satu hal yang sering terlupakan ketika menarik kendaraan lain maupun menarik trailer gandengan adalah mengenai lampu rem atau pun lampu sein. Anda mungkin tidak sadar bahwa lampu rem mobil maupun lampu sein Anda terhalang oleh kendaraan atau barang yang ditarik. Hal itu dapat membahayakan pengemudi yang melaju di belakang kendaraan Anda.

Karena itu, Anda harus menambahkan lampu tambahan di bagian belakang barang atau trailer yang ditarik.


5. Spion
Jika Anda terbiasa melihat atau mengecek kendaraan yang melaju di belakang melalui spion tengah yang ada di dalam mobil, hal itu akan berbeda ketika Anda menarik kendaraan atau barang yang menghalangi pandangan di belakang kendaraan Anda.

Karena itu, Anda harus membiasakan untuk mengecek keadaan di belakang melalui spion samping kanan dan kiri. Jika sudah terbiasa mengecek menggunakan spion samping, proses ketika menyalip kendaraan atau pun berpindah jalur jadi lebih mudah dan aman.


6. Pelan-pelan
Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi memang menyenangkan. Namun, lain halnya ketika sedang menarik kendaraan lain maupun menarik barang. Anda tidak bisa melaju dengan kecepatan tinggi ketika sedang menarik barang maupun kendaraan lain.

Dengan adanya beban tambahan, semakin cepat Anda melaju, semakin besar pula bahaya yang mengancam. Selain itu, ketika melaju dengan kecepatan tinggi, kendaraan atau barang lain yang ditarik akan susah dikontrol.


7. Pendingin mesin
Dengan menambahkan beban yang akan ditarik oleh mesin mobil Anda, berarti kerja yang diemban mesin mobil semakin berat. Karena itu, mesin pun akan cepat panas. Untuk membantu mendinginkan mesin mobil penarik, Anda dapat memberikan tambahan cairan pendingin transmisi. Dengan begitu, mesin mobil tidak akan cepat rusak dan berumur panjang.


Demikianlah artikel 7 Cara Menderek dengan Aman. Semoga bermanfaat!
7 Cara Menderek dengan Aman 7 Cara Menderek dengan Aman Reviewed by Putra on 10:38:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.