5 Tips Wajib Sebelum Anda Sewa Mobil

5 Tips Wajib Sebelum Anda Sewa Mobil
Memilih mobil sewaan mirip seperti memilih kucing di dalam karung. Jika salah memilih, bisa jadi perjalanan Anda justru berantakan. Karena itu, jangan anggap sepele pemilihan mobil sewaan. Ketika Anda bepergian ke daerah lain, misalnya untuk berwisata, akan muncul suatu kebutuhan untuk menyewa kendaraan yang akan memudahkan Anda untuk berkeliling di tempat itu. Apabila bepergian dalam jumlah banyak orang, keberadaan suatu mobil sewaan adalah sebuah keharusan, sebab bepergian secara bersama-sama lebih menyenangkan daripada bepergian secara terpisah menggunakan transportasi umum.

Berikut ini kami berikan 5 Tips Wajib diketahui Sebelum Anda Sewa Mobil yang diolah dari berbagai sumber:


1. Apakah perlu?
Jika memang harus menyewa mobil, sewalah hanya satu hari atau dua hari untuk mencapai tempat-tempat yang jauh dan cukup merepotkan apabila harus menggunakan transportasi umum. Karena itu, jadwal acara Anda pun harus disesuaikan. Kemudian, di hari ketiga dan seterusnya, gunakan saja transportasi umum seperti taksi atau ojek.

Sebelum Anda memutuskan untuk menyewa mobil ketika berlibur ke suatu daerah, pikirkan dulu baik-baik apakah menyewa mobil adalah hal yang tepat. Biaya untuk membeli bensin, parkir, serta biaya sewa mobil tentu akan terasa sangat mahal apabila liburan Anda lebih banyak menghabiskan waktu bermain di pantai atau pun menjelajah jalanan.


2. Memesan Jauh-Jauh Hari
Memesan mobil kadang dianggap hal sepele. Ada yang baru memutuskan akan menyewa mobil ketika sudah sampai di tujuan. Padahal, akan lebih baik apabila Anda sudah memesan mobil jauh sebelum tiba di tujuan. Dengan memesan mobil jauh-jauh hari, Anda memiliki fleksibilitas yang luas, yakni dalam hal pilihan harga dan jenis mobil yang dapat digunakan.

Selain harus memesan mobil jauh-jauh hari, Anda juga sebaiknya mengembalikan mobil sebelum batas waktu yang ditentukan, atau maksimal tepat waktu. Beberapa jasa penyewaan akan mengenakan denda keterlambatan apabila Anda telat satu jam saja mengembalikan mobil. Dendanya ada yang berupa hitungan per jam, atau ada juga yang langsung mengenakan denda hitungan sewa mobil per hari.


3. Membandingkan Harga
Setiap tempat penyewaan mobil memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan serta kondisi mobil yang disewakan. Karena itu, jauh-jauh hari sebelum tiba di tempat tujuan, lakukan perbandingan harga-harga penyewaan mobil dari setiap jasa penyewaan mobil. Dengan begitu, Anda dapat memilih sewa mobil yang termurah sesuai dengan bujet yang Anda miliki.

Lakukanlah perbandingan yang setara, yakni antara mobil dengan tipe yang sama. Tanyakan juga berapa harga yang ditetapkan apabila Anda juga akan menyewa sopir. Beberapa tempat menyewakan mobil dengan harga yang tetap, berapa pun jauhnya Anda membawa kendaraan tersebut. Namun, ada juga daerah-daerah yang memberikan harga dari seberapa jauh Anda akan membawa mobil itu pergi. Karena itu, tanyakan juga harga yang mereka tetapkan untuk hal tersebut.


4. Periksa Kerusakan
Tempat penyewaan mobil biasanya akan mengenakan denda kepada Anda apabila selama masa penyewaan mobil terjadi kerusakan yang disebabkan oleh penyewa. Apabila mobil itu diasuransikan, biasanya tempat penyewaan hanya akan mengenakan denda sebesar biaya untuk memasukkan mobil ke bengkel, yang besarnya sekitar Rp 300.000.

Namun, apabila mobil tersebut tidak diasuransikan, biaya yang dikenakan sebagai denda besarnya bisa bervariasi. Karena itu, sebelum menggunakan mobil sewaan, perhatikan dulu kerusakan-kerusakan yang sudah ada sebelumnya, dan tunjukkan hal itu kepada tempat penyewaan. Kalau bisa, foto atau rekam video bagian-bagian yang rusak tersebut. Hal itu untuk menghindari dituduhnya Anda telah merusak mobil itu selama masa penyewaan.


5. Peraturan Setempat Tujuan Anda
Tujuan utama dari menyewa sebuah mobil adalah untuk memudahkan berkeliling ke tempat-tempat yang dituju, misalnya obyek-obyek wisata yang tak tersentuh angkutan umum. Namun, sebelum bepergian menggunakan mobil sewaan, tanyakan dulu kepada pihak penyewa mengenai larangan-larangan apa saja yang perlu diketahui. Misalnya, di Bali, mayoritas kendaraan sewaan tidak boleh dibawa keluar pulau. Jadi, seandainya Anda berniat untuk menuju Lombok menggunakan mobil sewaan dari Bali, tanyakan dulu kepada pihak penyewa apakah mobil tersebut boleh dibawa keluar pulau Bali atau tidak.

Selain itu, untuk menghindari kecurigaan bahwa Anda mencuri kendaraan, jangan lupa untuk meminta STNK kendaraan sewaan tersebut. Sebab, polisi bisa saja melakukan razia kendaraan di tempat-tempat yang akan Anda lewati.


Nah demikianlah artikel 5 Tips Wajib Sebelum Anda Sewa Mobil. Semoga bermanfaat ya!
5 Tips Wajib Sebelum Anda Sewa Mobil 5 Tips Wajib Sebelum Anda Sewa Mobil Reviewed by Putra on 10:05:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.