Pengertian Psikologi Perkembangan Fase Dewasa

Pengertian Psikologi Perkembangan Fase Dewasa
Pengertian Psikologi Perkembangan Fase Dewasa -

1. Pengertian Psikologi
Menurut asal katanya, psikologi berasal dari kata Yunani, yaitu Psyche dan logos. Psyche berarti jiwa, sukma dan roh; sedangkan logos berarti ilmu pengetahuan atau studi. Jadi, pengertian psikologi secara harfiah adalah “ilmu tentang jiwa”.

Pengertian psikologi menurut istilah (terminologi) memiliki pendapat berlainan yang dikemukakan banyak para ahli psikologi, namun secara garis besar Sartain dalam bukunya Psychology understanding Human Behavior serta Woodworth dan Marquis memiliki pendapat yang senada dengan M.Surya, Nana Syaodih dan Sarlito Wirawan Sarwono, yaitu “Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku atau kegiatan individu (manusia) dalam interaksi (hubungan) dengan lingkungannya.

2. Pengertian Perkembangan
Perkembangan dapat diartikan sebagai “perubahan yang progresif dan kontinyu (berkesinambungan) dalam diri individu dari mulai lahir sampai mati” (The progressive and continous change in the organism from birth to death). Pengertian lain dari perkembangan adalah “perubahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik (jasmanish) maupun psikis (rohaniah).”

3. Pengertian Psikologi Perkembangan
Menurut pendapat J.P Chaplin, 1979 dan Ross Vasta, dkk.,1992 dapat isimpukan bahwa psikologi perkembangan marupakan salah satu bidang psikologi yang memfokuskan kajian atau pembahasannya mengenai perubahan tingkah laku dan proses perkembangan dari masa konsepsi (pra-natal) sampai mati.

4. Pengertian orang dewasa
Istilah “dewasa” berasal dari kata latin yaitu adults yang berarti telah tumbuh menjadi kekuatan dan ukuran yang sempurna atau telah menjadi dewasa. Oleh karena itu, orang dewasa adalah individu yang telah menyelesaikan pertumbuhannya dan telah siap meneria kedudukan dalam masyarakat bersamaan dengan orang dewasa lainnya (baca: Penjelasan Periode Masa Dewasa).

5. Psikologi Perkembangan Fase Dewasa
Psikologi perkembangan fase dewasa yaitu salah satu bidang psikolog yang memfokuskan pembahasannya mengenai perubshsn tingkah laku dan proses perkembangan pada fase dewasa.
Pengertian Psikologi Perkembangan Fase Dewasa Pengertian Psikologi Perkembangan Fase Dewasa Reviewed by Putra on 12:59:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.