Cara Efektif bagi Perusahaan dalam proses Rekrutmen

Cara Efektif bagi Perusahaan dalam proses Rekrutmen
Cara Efektif bagi Perusahaan dalam proses Rekrutmen - Di dalam proses rekrutmen ada 2 aktor utama, pertama adalah Perusahaan sebagai pencari Tenaga Kerja dan kedua adalah Pelamar sebagai Pencari Kerja. Fenomena yang terjadi saat ini bahwa begitu banyak lowongan kerja maupun pencari kerja, namun begitu sulit pula perusahaan mendapatkan pelamar yang sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan. Apa penyebabnya? Karena banyak perusahaan tidak memiliki cara efektif dalam proses rekrutmen dan banyak dari pelamar tidak memiliki metode yang mampu menarik perhatian perusahaan.

Bagaimana langkah-langkah efektif bagi perusahaan untuk mendapatkan pelamar dengan cepat, tepat dan terarah? Ada 5 langkah-langkah efektif bagi perusahaan untuk mendapatkan pelamar dengan cepat, tepat dan terarah :

1. Buatlah Uraian Pekerjaan (Job Description), untuk menggambarkan tanggung jawab, wewenang, tugas-tugas pokok dan Key Performance Indicator (KPI) dari posisi yang dibutuhkan. Bagi perusahaan maka informasi yang diperlukan adalah Nama perusahaan dan Bidang Usaha.

2. Buatlah Kriteria Standar Kompetensi, untuk memudahkan dalam proses seleksi pelamar, maka diperlukan kriteria pelamar berdasarkan standar kompetensi diantaranya : usia, pendidikan, pengalaman kerja (jika diperlukan) dan skill yang harus dimiliki agar mampu menjalankan uraian pekerjaan yang telah ditentukan.

3. Iklan Lowongan Kerja, menyampaikan iklan lowongan kerja dari berbagai sumber yang disesuaikan dengan posisi yang dibutuhkan, seperti : Media Internet, Media Cetak, Media Informasi (Kampus, Sekolah, Tempat Ibadah), Milis, Referensi Internal, Bursa Tenaga Kerja, Job Fair dan lain-lain.

4. Seleksi & Panggilan, untuk memudahkan dan mempercepat dalam seleksi dan pemanggilan kandidat, manfaatkan teknologi alat komunikasi seperti Hand Phone. Sediakan satu atau dua nomor Hand Phone khusus untuk rekrutmen dan gunakanlah pemanggilan melalui Short Message Service (SMS) dengan mencantumkan : Nama, alamat dan website Perusahaan, Tempat dan waktu test atau interview, contect person dan nama jelas pengirim dan jabatannya (sebaiknya jabatan tertinggi di Dept.HR).

5. Waktu Test & Interview, untuk lebih efektif diupayakan waktu test, interview pendahuluan (Dept.HR) dan interview lanjutan (User) dilakukan dalam hari yang sama atau dalam waktu yang berdekatan.

Demikianlah artikel "Cara Efektif bagi Perusahaan dalam proses Rekrutmen". Semoga bermanfaat!
Cara Efektif bagi Perusahaan dalam proses Rekrutmen Cara Efektif bagi Perusahaan dalam proses Rekrutmen Reviewed by Putra on 4:50:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.