Sistem Pernapasan Bayi Baru Lahir

Sistem Pernapasan Bayi Baru Lahir - Perubahan system ini diawali dari perkembangan organ paru itu sendiri dengan perkembangan struktur bronkus, bronkiolus, serta alveolus yang terbentuk dalam proses kehamilan sehingga dapat menentukan proses pematangan dalam system pernapasan. Proses perubahan bayi baru lahir adalah dalam hal bernapas  yang dapat dipengaruhi oleh keadaan hipoksia pada akhir persalinan dan rangsangan fisik (lingkungan)yang merangsang pusat pernapasan medulla oblongata di otak. Selain itu juga terjadi tekanan rongga dada karena kompresi paru selama persalinan,sehingga merangsang masuknya udara ke dalam paru, kemudian timbulnya pernapasan dapat terjadi akibat interaksi system pernapasan itu sendiri dengan system kardiovaskuler dan susunan safar pusat. Selain itu adanya surfaktan  dan upaya respirasi dalam bernafas dapat berfungsi untuk mengeluarkan cairan dalam paru serta mengembangkan jaringan alveolus paru agar dapat berfungsi. Surfaktan tersebut dapat mengurangi tekanan permukaan paru dan membatu menstabilkan dinding alveolus untuk mencegah kolaps (Betz dan Sowden, 2002).

Faktor-faktor yang berperan pada rangsangan nafas pertama bayi adalah :
1)    Hipoksia pada akhir persalinan dan rangsangan fisik lingkungan luar rahim yang merangsang pusat pernafasan di otak.


2)    Tekanan terhadap rongga dada, yang terjadi karena kompresi paru - paru selama persalinan, yang merangsang masuknya udara ke dalam paru - paru secara mekanis.Interaksi antara system pernapasan, kardiovaskuler dan susunan saraf pusat menimbulkan pernapasan yang teratur dan berkesinambungan serta denyut yang diperlukan untuk kehidupan.


3)    Penimbunan karbondioksida (CO2)
Setelah bayi lahir, kadar CO2 meningkat dalam darah dan akan merangsang pernafasan. Berurangnya O2 akan mengurangi gerakan pernafasan janin, tetapi sebaliknya kenaikan CO2 akan menambah frekuensi dan tingkat gerakan pernapasan janin. 


4)    Perubahan suhu
Perubahan suhu pada bayi, misalnya keadaan dingin akan merangsang pernapasan.
Sistem Pernapasan Bayi Baru Lahir Sistem Pernapasan Bayi Baru Lahir Reviewed by Putra on 6:49:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.