Cara Buat Visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia

Cara Buat Visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia
Cara Buat Visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia - Jika anda masih muda usia 18-30 tahun, ingin liburan plus bekerja di Australia, serta mau memiliki pengalaman yang menarik? Jawabannya silahkan anda apply Working Holiday Visa Australia (sublcass 462). Ya visa ini jarang ada yang tahu lho di Indonesia. Visa ini sangat menarik bagi anda yang masih muda dan ingin mencari pengalaman baru liburan serta bekerja di Australia.

Jika anda mau mengurus sendiri (tanpa bayar jasa agen) maka ini daftar persyaratan dokumen yang harus dilampirkan bersama aplikasi visa:

1. Formulir aplikasi (Formulir 1208). Harap dilengkapi dan ditanda tangan. Download aja disini

2. Biaya aplikasi visa  Rp 3,770,000 (lihat lengkapnya disini)

3. Fotokopi dari paspor (halaman biodata, perubahan/tambahan-jika ada, halaman visa dan cap imigrasi) yang masih berlaku paling tidak 12 bulan dan pasport lama (jika ada)

4. 1 lembar foto anda ukuran foto paspor 4x6 yang terbaru.

5. Surat dari dukungan dari Direktorat Jenderal Imigrasi.  Ini didapat di kantor keimigrasian Indonesia di Kuningan Jakarta, (samping wisma mulya, depannya pasar festival). Nanti anda akan diminta 1 foto, KTP, KK, Akta Kelahiran, Passport. Setelah itu isi formulir pendaftaran, nanti anda datang lagi besoknya diambil di tempat yang sama. Prosessnya ga ribet dan tidak ada wawancara.

6. Bukti keuangan yang cukup untuk memberikan dukungan untuk anda. Biasanya sekitar AUD $5000 atau sama dengan Rp 50 juta ( saat ini kurs AUD $ 1 = Rp 9500). Uang tersebut untuk memberikan dukungan awal dari liburan anda. Jumlah ini bervariasi tergantung dari apakah anda bisa menunjukkan tiket pesawat pulang-pergi, lama tinggal anda dan tujuan dari keberangkatan anda. Bukti yang dapat anda lampirkan adalah rekening koran yang sudah di legalisir.

7. Bukti anda mempunyai kualifikasi perguruan tinggi, atau anda sudah menyelesaikan paling tidak 2 tahun dari pendidikan universitas anda.

8. Bukti anda mempunya Bahasa Inggris yang baik yang dinilai dari tes Bahasa Inggris.  Untuk negara Australia memakai hasil tes IELTS bukan TOEFL, untuk IELTS minimal score 4.5 (General English).

9. Melakukan test Rontgen /X-ray. Tes nya di klinik yang di tunjuk AVAC/kedutaan (daftar klinik nya bisa diminta di AVAC). Ini form Rontgennya. Biayanya sekitar Rp.500.000 (x-ray, test mata,urin kesehatan lainnya) setelah selesai akan langsung dikirimin ke Kedutaan langsung oleh Klinik nya, anda tinggal bawa nota/invoice nya aja ke AVAC pada saat pendaftaran.

Jika sudah langsung saja serahkan semua dokumen tersebut ke AVAC/Kedutaan Australia, prosesnya sekitar 15 hari kerja.. Alamat AVAC:

Australian Visa Application Centre (AVAC)
Level 22, Plaza Asia
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 59
JAKARTA SELATAN – 12960

Opposite Pintu 1/Gate 1 Senayan
Application opening hours: 8.30 am to 4.00 pm – Monday to Friday
Email: info.diacid@vfshelpline.com
Website: www.vfs-au-id.com
Enquiry helpline: (+62)(021) 51401590 or 51401591


Tips & Saran agar diterima visanya:
1. Jangan lupa sertain pasport lama (jika punya), karena cukup berpengaruh, apalagi klo sudah pernah travelling ke luar negeri.
2. Sertain juga piagam atau sertifikat yang dipunya (sebagai dokumen pendukung).
3. Jika punya temen atau sodara di Australia, sertain Visa mereka (copy-an aja).
4. Medical check-up Rontgen sebelum anda mengasih application form. Jadi nanti bawa download-an form buat medcek ke kliniknya ( ini link formnya ). Nanti yang disertakan di application form bukti pembayarannya aja.
5. Biaya application fee yang 3,7 jt an tidak dikembalikan meskipun anda tidak diterima.
Cara Buat Visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia Cara Buat Visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia Reviewed by Putra on 12:14:00 PM Rating: 5

2 comments:

  1. kalau untuk ibu rumah tangga apa saja ya persyaratannya mohon bantuannya terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  2. Halo salam kenal,
    Saya kebetulan sedang nunggu jadwal iview dengan imigrasi skrg, saya masih bingung untuk nnti saat saya ke AVAC untuk bank statement, saya punya dana sekitar 53jt d rek,tp apa msh perlu d sertakan juga tiket pesawat ato sudh cukup dgn bank statement saja ?
    Trims ya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.