Definisi Gerak sosial

Definisi
Gerak sosial adalah gerak dalam struktur social, yaitu pola - pola tertentu yang mengatur oraganisasi kelompok social. Struktur social mencakup sifat – sifat hubungan antara individu dalam kelompok itu dan hubungan antara individu itu dengan kelompoknya.
Contohnya:
 Apabila seorang guru kemudian pindah dan beralih pekerjaan menjadi pemilik toko buku, dia melakukan gerak sosial.


Tipe – tipe gerak sosial yang prinsipil ada dua macam, yaitu:

1. Gerak sosial horizontal 
Gerak social yang horizontal merupakan peralihan individu atau objek-objek social lainnya dari suatu kelompok social ke kelompok social lainnya yang sederajat.
Contohnya adalah seorang yang beralih kewarganegaraan beralih pekerjaan yang sederajat atau mungkin juga peralihan, atau gerak objek - objek social seperti, misalnya radio, mode pakaian, ideology dan lain sebagainya.

2. Gerak sosial vertikal
Gerak sosial vertikal sebagai perpindahan individu atau objek social dari suatu kedudukan kekedudukan lainnya, yang tidak sederajat. Sesuai dengan arahnya maka terdapat dua jenis social yang vertical, yaitu yang naik (social-climbing) dan yang turun(social sinking)

a. Gerak social vertikal yang naik mempunyai dua bentuk;
1. Maksudnya individu - individu yang mempunyai kedudukan rendah kekedudukan yang lebih tinggi, dimana kedudukan tersebut  yang telah ada.
2. Pembentukan suatu kelompok baru, kemudian ditempatkan pada yang lebih tinggi dari kedudukan individu – individu pembentuk kelompok tersebut.

b. Gerak social yang  menurun mempunyai dua bentuk ;
1. Turunnya kedudukan individu kedudukanya lebih rendah derajatnya,
2. Turunnya sekelompok derajat individu yang dapat berupa disintegrasi kelompok sebagai kesatuan.

Kedua kelompok tersebut di ibaratkan sebagai seorang penumpang kapal laut yang jatuh kelaut, atau sebagai kapal yang tenggelam bersama seluruh penumpangnya atau apabila kapal itu pecah.
Definisi Gerak sosial Definisi Gerak sosial Reviewed by Putra on 12:44:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.