Iran mencapai Kesepakatan dengan Dunia Internasional

Iran mencapai Kesepakatan dengan Dunia Internasional
Iran mencapai Kesepakatan dengan Dunia Internasional - Pada hari minggu kemarin (Senin dini hari WIB - 25 November 2013) Iran beserta 6 negara superior telah melakukan pertemuan di Genewa dan mencapai kesepakatan mengenai pembatasan program nuklir Iran yang dapat memicu sengketa jangka panjang. Iran menerima imbalan bantuan senilai 7 miliar dollar (4,3 miliar euro).

Kesepakatan antara Iran dan negara superior seperti Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, China, dan Rusia di pertemuan Genewa tersebut akan berlangsung sementara selama 6 bulan, namun untuk perjanjian permanen jangka panjang sedang terus di upayakan. Sebagian besar kekuatan dunia menduga bahwa program nuklir Iran bertujuan mengembangkan bom nuklir, namun Presiden Iran Hassan Rouhani langsung membantah keras tuduhan tersebut. Presiden Iran mengatakan bahwa negaranya tidak akan mengembangkan senjata nuklir namun akan tetap memperkaya uranium untuk tujuan pembangkit tenaga listrik.

Berikut adalah poin-poin kesepakatan pertemuan di Genewa antara Iran dengan Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, China dan Rusia :

1. Iran akan menghentikan pengayaan uranium melebihi 5%, dan "menetralkan" persediaan uraniumnya yang diperkaya melebihi poin ini.

2. Iran akan memberikan akses yang lebih besar untuk inspektur termasuk akses setiap hari di situs nuklir Natanz dan Fordo.

3. Tidak akan ada pengembangan lebih lanjut dari perkebunan Arak yang diyakini bisa menghasilkan plutonium.

4. Sebagai imbalannya, tidak akan ada sanksi-sanksi baru terkait-nuklir selama enam bulan jika Iran mematuhi kesepakatan ini.

5. Iran juga akan menerima bantuan atas sanksi-sanksi senilai 7 miliar dolar (4,3 miliar euro) pada sektor-sektor termasuk logam mulia.

Iran tidak mendapatkan pelonggaran sanksi ekspor minyak namun kesepakatan telah mengurangi resiko aksi militer terhadap Iran dan meningkatkan prospek akan pelonggaran sanksi lebih lanjut di masa depan. Minyak Nymex kini diperdagangkan 94.03; menjauhi level penutupan Jumat 94.69 dengan menyetujui pengurangan aktivitas program nuklir, Iran mendapatkan pelonggaran sanksi terhadap transaksi minyak, petrokimia, suku cadang otomotif, emas, dan logam mulia. Meski tidak ada kesepakatan pelonggaran sanksi ekspor minyak, namun Iran diizinkan untuk tetap mengekspor minyaknya di tingkat sekarang.
Iran mencapai Kesepakatan dengan Dunia Internasional Iran mencapai Kesepakatan dengan Dunia Internasional Reviewed by Putra on 7:21:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.