Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan

Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
Topan Haiyan dilihat dari antariksa yang di potret oleh Karen Nyberg, di International Space Station (ISS).
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan - Topan Haiyan atau juga di Filipina di kenal dengan Topan Yolanda, adalah salah satu siklon tropis terkuat yang pernah dicatat. Topan Haiyan menerjang Filipina pada Jumat (8/11/2013). Topan Haiyan mengakibatkan kecepatan angin mencapai 235 kilometer per jam. Hanya dalam sekejap, bangunan hanya tinggal puing-puing dan korban pun berjatuhan. Topan ini merupakan badai paling dahsyat di Filipina. Sekitar 10 ribu orang lebih dilaporkan tewas akibat topan tersebut.
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
Topan haiyan saat mendekati Filipina, dipotret instrumen MODIS pada satelit Aqua milik NASA pada Rabu (6/11/2013)

Berdasarkan beberapa sumber. Badai ini masuk dalam kategori 5 Skala badai Saffir-Simpson, artinya kecepatan badai mencapai 235 km/jam, sanggup menyebabkan kerusakan parah, mulai rumah roboh, pohon tumbang, dan gangguan pasokan listrik. "Ini merupakan satu dari lima badai terkuat dalam 50 tahun terakhir, sekalipun perkiraan kekuatan badainya berbeda-beda", kata ahli badai topan dari Universitas Miami, Brian McNoldy.

Berikut Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan:

1. Jalan Dipenuhi Puing-puing
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
Jalan Dipenuhi Puing-puing
Topan Haiyan membuat bangunan hanya tinggal puing-puing. Pohon-pohon hancur lebur. Begitu juga mobil-mobil. Jalanan di kota paling parah yakni Tacloban, dipenuhi puing-puing bangunan. Warga hanya bisa meratapi bangunan yang sudah menjadi puing-puing. Hujan membasahi wilayah yang dipenuhi puing-puing. Warga yang keluar dari wilayahnya menggunakan payung untuk berlindung.

2. Tiang Listrik Rubuh
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
 Tiang Listrik Rubuh
Topan Haiyan merubuhkan tiang listrik di Kota Tacloban, Filipina. Tiang listrik besar itu jatuh menimpa sebuah truk yang parkir. Jatuhnya tiang listrik besar itu menutupi jalan. Warga tidak bisa melewati jalan kareta tertutup tiang listrik. Mereka pun hanya melihat-lihat tiang listrik tersebut. Topan ini menyebabkan listrik dan komunikasi terputus di sejumlah wilayah.

3. Warga Antre Makan
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
Korban Topan Haiyan Mengantri Makanan

Topan Haiyan mengakibatkan warga kesulitan memperoleh makanan dan minuman. Ribuan orang antre untuk mendapatkan makanan dan minuman di bandara. Warga antre panjang dengan menggunakan payung karena daerahnya hujan. Mereka juga antre dalam keadaan tergenang air. Bahkan, dikabarkan, aksi-aksi penjarahan marak di mana-mana. Mulai dari di toko-toko kelontong, mal dan pom-pom bensin. Makanan di wilayah itu terbatas. Bantuan yang datang terbatas karena banjir dan tanah longsor di daerah tersebut.

4. Mobil Terbalik
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
Mobil Terbalik akibat Bencana Topan Haiyan

Topan Haiyan mengakibatkan beberapa mobil rusak parah. Mobil-mobil itu terbalik dan bercampur dengan puing-puing rumah warga. Warga di Filipina hanya bisa berjalan kaki untuk pergi memenuhi keperluan mereka seperti mencari makan dan minum. Bandara di Filipina ditutup sehingga menyebabkan warga telantar.

5. Rumah Rusak
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
Topan Haiyan mengakibatkan Banyak Rumah Rusak

Berdasarkan pantauan dari udara puluhan rumah rusak diterjang Topan Haiyan. Atap hancur begitu juga seluruh isi rumah. Rumah-rumah rata dengan tanah. Hanya puing-puing yang tinggal bersisa. Jalanan dipenuhi puing-puing yang berserakan bercampur dengan pohon-pohon yang rubuh. Pada gambar, terlihat perahu-perahu. Pemerintah setempat meminta nelayan untuk tidak melakukan aktivitasnya.

6. Efek Seperti Tsunami
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan
Puing-puing berserakan di jalan

Dampak Topan Haiyan hampir disamakan dengan tsunami 2004. Tim dari PBB di Tacloban menyebut kondisi kota yang berpenduduk 220 ribu orang itu mirip dengan kondisi setelah tragedi tsunami 2004. Hal itu terlihat dengan beton yang merupakan satu-satunya sisa bangunan yang tersisa, kendaraan yang terbalik dan putusnya kabel listrik. Selengkapnya baca:  Topan Haiyan versus Tsunami 2004.
Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan Fakta-Fakta Menarik tentang Topan Haiyan Reviewed by Putra on 3:40:00 PM Rating: 5

1 comment:

  1. jika kita merenung sedikit, layakkah kita sombong....? baru segitu aja dah kalang kabut.
    padahal ukuran topan tersebut jauh.....jauh....jauh.... lebih kecil dibandingkan dengan tata surya ini. galaksi bimasakti hanyalah 1 diantara jutaan galaksi yang ada.
    ===================
    cara agar cepat hamil

    ReplyDelete

Powered by Blogger.