Tips Cara Mengajar Menyenangkan

Tips Cara Mengajar Menyenangkan
Tentu kita sebagai pendidik memiliki cara-cara sendiri untuk meningkatkan minat belajar anak agar kegiatan belajar mengajar dapat menyenangkan. Saya akan menulis beberapa tips cara mengajar menyenangkan, yaitu :

1. Ikhlas (tulus)
Mengapa saya mengawali tulisan ini dengan kata kunci tersebut. Karena Bila kita berbuat sesuatu dengan dilandasi rasa ikhlas, maka hasil yang kita peroleh tentunya akan positif karena yang kita lakukan berdasar atas rasa tak ingin mendapat balasan apapun. Dalam hal mengajarpun seperti itu. Seorang guru selain harus mengajar secara professional juga diharapkan mengajar secara ikhlas. Sebab siswa sebagai peserta didik adalah generasi penerus yang harus dibina dengan baik ilmu pengetahuan dan moralnya.sehingga jika guru memiliki rasa ikhlas, berarti guru memiliki keinginan yang tinggi untuk memajukan anak didik. Keinginan tersebut membuat guru mengajar dengan  senang hati, tanpa paksaan, tanpa tuntutan dan bekerja secara professional agar siswanya mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Mengenal Siapa Siswa Kita. 
Analoginya jika kita tahu sasaran maka kita tahu cara mencapai targetnya. Seperti itulah cara kita mendidik siswa. Dengan kita tahu keadaan mereka, hobi mereka,kesenangan mereka, kita dapat mengetahui cara belajar yang menyenangkan bagi mereka. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu lahan yang harus kita olah sehingga subur bagi berkembang mental dan pikir anak. Suasana pembelajaran dimana guru mengetahui metode mengajar yang tepat bagi siswa didikannya  akan membuat suasana belajar semakin bervariasi. Dengan mengenal kemampuan anak, kita dapat membantunya bila mendapat kesulitan sehingga belajar anak tersebut menjadi optimal dan guru dapat memadukan hal yang ia suka dengan metode mengajar yang anak didik suka. Sehingga kegiatan KBM menjadi menyenangkan.

3. Penguasaan Materi
Mengajar akan terasa menyenangkan bila guru sangat memahami materi yang ia ajarkan. Murid akan terasa nyaman dan senang jika gurunya pandai  dalam menyampaikan materi dan banyak pengetahuannya. Biasanya murid terkesan kepada guru yang memiliki penguasaan materi yang bagus. Kesan tersebut didapat dari kepercayaan diri guru dalam menerangkan materi. Kepercayaan diri memiliki hubungan yang erat dengan kesenangan. Jika seseorang menyenangi sesuatu maka ia akan memiliki rasa percaya diri yang luar biasa. Jadi kunci tps mengajar menyenangkan selanjutnya yaitu penguasaan materi yang baik akan menimbulkan hoki tersendiri bagi para pengajar. hehe

4. Bekerja secara Professional
Ini adalah tips terakhir cara mengajar menyenangkan. Orang tidak akan bekerja secara professional jika ia tidak menyenangi pekerjaannya. Maka dalam mengajar pun dituntut guru untuk bekerja secara professional.

Kelebihan guru professional, belajar menjadi menyenangkan karena siswa memiliki :
  • Guru yang berpenampilan baik (rapih, harum dan mampu menjadi model bagi siswanya), 
  • Guru mampu memilih metode mengajar yang tepat, guru Memliki kepribadian yang baik untuk dijadikan contoh bagi siswa,
  • Guru yang pintar dan berwawasan tinggi dalam menyampaikan materi,
  • Guru yang professional karena selain menjadikan siswa termotivasi untuk belajar, guru yang professional juga akan senantiasa mengajar dengan sepenuh hati dan bekerja sesuai dengan tuntutan tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan bangsa, baik ilmu, iptek dan imtaq (iman dan taqwa). Dan hampir ketinggalan, jika guru professional tentu ia akan mengajar tanpa kekerasan. Nah jika ingin membuat  mengajar menjadi menyenangkan maka mengajarlah secara professional.
Sekian tips cara mengajar menyenangkan … semoga bermanfaat  ^__^
Tips Cara Mengajar Menyenangkan Tips Cara Mengajar Menyenangkan Reviewed by Putra on 2:20:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.