Cara Mengembalikan File Yang Di Sembunyikan Virus

Cara Mengembalikan File Yang Di Sembunyikan VirusPernakah anda kaget tiba-tiba data file yang ada di media penyimpanan seperti flash disk, hardisk, memory card telah hilang? Mungkin anda pikir data tersebut telah dihapus virus. Namun ternyata tidak lho, karena biasanya virus hanya menyembunyikan file anda dengan status "hidden". Padahal filenya itu sebenarnya masih aman dan bisa direstore atau dikembalilkan seperti semula lagi.

Nah berikut ini akan dijelaskan cara mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus. Pada umumnya terdapat dua cara memunculkan file/folder yang di hidden (sembunyikan virus) yaitu:


1. Pakai Software Antivirus
Biasanya virusnya berasal dari virus lokal jadi scan dulu pakai antivirus lokal semisal : smadav, pcmav, dan ansav . Setelah selesai di scan dan virusnya sudah dibereskan lalu kita berlanjut ketahap selanjutnya yaitu mengembalikan kembali file/folder yang di sembunyikan virus.

Kali ini saya akan memberi contoh pakai SMADAV antivirus. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Buka antivirus SMADAV (download di SMADAV ) download yang versi terbarunya ya.
2. Masuk ke menu "scan", setelah itu pilih flash drive/media yang akan dimunculkan kembali file/folder yang dihidden .
3. Kemudian pilih tab "hidden" setelah anda menscan (lihat gambar)


4. Tinggal anda pilih file/folder yang ter"hidden", kemudian klik saja "Unhide All". SELESAI. 

File/folder yang dulunya hilang sekarang sudah terlihat dan bisa diakses lagi' (tapi ingat ya "SEMUA FILE YANG DI HIDDEN AKAN MUNCUL" jadi kalo anda scan di drive C atau scan memory HANPHONE, file systemnya juga akan ikut Muncul. jadi biar filenya aman tidak terhapus secara tidak sengaja disarankan anda hidden kembali folder SYSTEMNYA).


Selain software antivirus diatas, ternyata juga bisa gunakan software software lain, semisal TUNE UP , CCLeaner dll.


2. Tanpa menggunakan software
Nah untuk yang tanpa software, bisa memakai "command prompt"


plih drive yang ingin dibuka, misalnya flashdish di drive D, maka ketikan:
d:
dir
attrib -r -h -s *.* /s /d


Nah selesai, silahkan anda buka windows explorer, pilih drive d, maka file/folder yang disembunyikan virusnya telah kembali normal.
Cara Mengembalikan File Yang Di Sembunyikan Virus Cara Mengembalikan File Yang Di Sembunyikan Virus Reviewed by Putra on 3:21:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.